A. Distribution
Distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Proses distribusi tersebut pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat, dan pengalihan hak milik.
B. Old Distribution Channel
Menurut Warren J Keegan (2003), Saluran Distribusi adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.
C. Functions of Old Distribution Channel
- To manage finance
- To make the process of distribution easy
- Promotional Activities
- Helpful in communication
- Matching of demand and supply
D. Purpose Of Old Distribution Channel
Tujuan saluran distribusi adalah untuk mencapai pasar tertentu dengan cara-cara yang efektif dan efisien. Jadi pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran distribusi pada setiap perusahaan
- Distribution channel is an important element of the marketing mix of a company and other elements are closely interrelated like pricing, promotion, place, and product.
- It enables to cut down costs and maximize sales revenue
- It determines where and when the product will be available to ultimate costumers or users
- Fluctuations in the production can be reduced due to continuous and effective distribution
- Route or pathway : channel of distribution is a route or pathway through which goods and services flow from the manufacturers to consumers.
- Flow : the flow of goods and services is smooth and sequintal and usually unidirectional.
- Composition : it’s composed of intermediaries, such as wholesalers, retailers, agents, distributors etc, also called middlemen who participate in the flow voluntarily.
Menurut Phillip Kotler, ada beberapa level saluran distribusi :
- Producer -> Consumer
- Producer -> Retailer -> Consumer
- Producer -> Wholesaler -> Retailer -> Consumer
- Producer -> Agent -> Wholesaler -> Retailer -> Consumer
H. Factors of Old Distribution Channel
- Producer
- Product
- Intermediaries
- Management System
I. Problems of Old Distribution Channel
- Adjusment to buyer’s needs and expectations
- Determining the best channel alternatives
- Determining distribution intensity
J. Types of Old Distribution Channel
- Traditional Channel
- Modern Channel
Saluran distribusi tradisional adalah tempat pengiriman dan distribusi barang melalui cara tradisional atau konvensional.
Contoh :
- Warung adalah outlet yang kegiatan utamanya menjual dalam bentuk eceran. Outlet ini turut berperan dalam menjual dan promosi suatu produk ke konsumen langsung.
- Rombong atau Gerobak adalah outlet yang kegiatan utamanya menjual dalam bentuk eceran. Produk yang dipasarkan melalui retailer ini contohnya seperti es krim, roti.
- Pasar tradisional adalah pasar yang dibangun dan dikelola oleh pemerintah, swasta, koperasi dan swadaya masyarakat setempat dengan tempat usaha berupa toko, kios, dan tenda.
>Modern Channel
Saluran distribusi modern adalah tempat pengiriman / saluran distribusi barang melalui toko modern, dengan manajemen ritel yang diimplementasikan ke dalam sistem self-service (swalayan).
With old distribution channel, the distribution of goods and services become shorter and easier with effective and efficient ways.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar